Example floating
Example floating
Example 728x250
PariwaraPolitik & Pemerintahan

KPU Bolaang Mongondow Sosialisasi Tahapan Pilkada Bolmong 2024

87
×

KPU Bolaang Mongondow Sosialisasi Tahapan Pilkada Bolmong 2024

Sebarkan artikel ini
Pilkada Bolmong 2024
Sandi Satria Dama saat membuka kegiatan © mk/warita.net.

WARITA.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow, dalam upaya untuk memastikan kelancaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun ini, menggelar kegiatan sosialisasi tahapan Pilkada Bolmong 2024.

Sosialisasi tahapan Pilkada Bolmong 2024 dilaksanakan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait proses demokrasi yang akan berlangsung.

Acara yang digelar di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Jumat (21/6) itu dibuka oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bolmong, Sandi Satria Dama.

Dalam kegiatan tersebut, KPU Bolmong melibatkan pejabat pemerintah kabupaten, unsur TNI dan Polri serta partai politik, dengan menghadirkan narasumber, yakni Hasrul Dumambow, komisioner KPU Bolmong periode 2018-2023 dan Neila Montolalu, anggota Bawaslu Bolmong.

Sandi Satria Dama pada saat membuka kegiatan mengatakan, Pilkada 2024 menjadi momen penting bagi Bolaang Mongondow dalam menentukan pemimpin daerah untuk periode berikutnya.

“Dengan melibatkan berbagai pihak, KPU Bolaang Mongondow berharap dapat menciptakan pemilu yang transparan, adil, dan berkualitas,” kata Sandi.

Tahapan dan Jadwal Pilkada Bolmong 2024 © KPU Bolmong.

 

Lanjut dia, kegiatan ini juga sebagai pihaknya berupaya memastikan partisipasi aktif dari para stakeholder dalam setiap tahapan untuk menyukseskan Pilkada Bolmong 2024.

“Dengan dukungan seluruh pihak, diharapkan Pilkada 2024 dapat berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang mampu memajukan Bolaang Mongondow ke arah yang lebih baik,” ujar Sandi.

Sementara Hasrul Dumambow selaku narasumber memaparkan tahapan-tahapan mulai dari pemenuhan persyaratan pasangan calon baik perseorangan hingga pengesahan pengangkatan calon terpilih.

“Sesuai Peraturan KPU nomor 2 tahun 2024, tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024 diawali dengan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan mulai 5 Mei sampai 19 Agustus hingga penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada 27 November sampai 16 Desmeber,” kata Hasrul.

Stakeholder dan perwakilan partai politik peserta sosialisasi © mk/warita.net.

Dari apa yang dipaparkannya, kata Hasrul, tahapan-tahapan tersebut akan berjalan baik jika semua pemangku kepentingan bekerja sama dengan baik serta adanya dukungan luas dari masyarakat.

“Peran aktif masyarakat dalam menjaga stabilitas pada tahapan Pilkada menjadi kunci suksesnya pemilihan bupati dan wakil bupati Bolmong 2024,” ujarnya.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolmong, Neila Montolalu dalam kesempatannya berbicara soal tugas pokok dan fungsi lembaganya pada setiap tahapan Pilkada.

Menurut Neila, dalam menegakkan keadilan Pilkada tahun ini, Bawaslu bersama kepolisian dan kejaksaan membentuk Sentra Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pilkada Bolmong 2024.

“Pembentukkan Sentra Gakkumdu akan mempermudah masyarakat yang ingin melaporkan pelanggaran dalam tahapan Pilkada, sehingga masyarakat tidak bingung mencari tempat untuk melaporkan pelanggaran,” jelasnya.

Sosialisasi tahapan Pilkada 2024 oleh KPU Bolaang Mongondow menunjukkan komitmen untuk menjaga integritas dan profesionalisme dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *